6 Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli & Palsu

Cara membedakan batu akik asli & palsu -- Seperti diketahui Batu akik saat ini menjadi topik yang sangat hangat dalam banyak pembicaraan dan obrolan di masyarakat, dimana semakin banyak orang awam tentang batu akik ini yang menggunakan batu akik, dan jika memperhatikan kabar yang ada pada media social, maka cukup banyak pengguna media sosial yang mengobrol tentang batu akik, sehingga tampaknya cukup menarik membahas mengenai batu akik ini.

Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli & Palsu
Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli & Palsu

Dan batu akik seperti halnya barang lainnya yang tidak semua yang ada di pasaran merupakan batu akik asli, dimana sebuah fenomena yang kurang baik bahwa ketika ada barang yang laris dan banyak diburu oleh masyarakat maka ada saja oknum yang memanfaatkan kesempatan  untuk membuat barang tiruan / KW / palsu agar dapat meraup keuntungan yang “haram” tersebut, dengan memalsukan produk atau barang tertentu, seperti salah satunya batu akik.

Karena permintaan batu akik yang tinggi di masyarakat berkemungkinan menjadi penyebab banyaknya beredar batu akik palsu. Kemungkinan bagi orang awam yang jarang membeli batu Akik, maka akan mudah sekali tertipu ketika membeli batu akik. Dan sekarang ini kita lihat bahwa semakin banyak bermunculan para penjual batu akik.

Membeli batu akik atau permata memang cukup sering menyulitkan dalam membedakan jenis batu akik asli atau yang palsu, terlebih lagi untuk permata yang hendak dibeli, dimana harganya jutaan rupiah, sehingga sangat penting memiliki kehati-hatian dan juga tidak buru-buru / tergesa-gesa dalam membelinya

Cara mudah membedakan batu Akik asli & palsu dan ciri-ciri batu akik asli

Adapun untuk orang yang menginginkan sebuah permata tertentu, akan tetapi karena masalah budget dimana harganya sangat mahal, maka batu sentetis tidak jarang dijadikan alternatif, akan tetapi untuk Kamu yang benar-benar ingin batu akik yang asli, maka teliti-lah sebelum membeli, hal ini sangat penting untuk diingat. 

1. Menggunakan senter yang ditembakan ke batu akik

Sebenarnya untuk membedakan batu akik asli atau palsu bukanlah hal yang sulit dilakukan, kita dapat melihat dari segi fisiknya, tetapi  tentunya tetap dengan ketelitian. Dengan menggunakan senter, dimana jika batu akik asli maka ketika terkena sorotan cahaya senter  akan tembus pandang di dalamnya. Akan tetapi batu akik palsu maka didalamnya akan terlihat gelembung - gelembung udara.

Sehingga pembeli dapat mengetes dengan menggunakan cahaya senter yang disorotkan ke Batu akik, yang dengan begitu dapat terhindar dari penipuan pembelian batu akik.

2. Perhatikan berat bau akik

Permata atau batu akik asli akan lebih berat dibandingkan dengan yang palsu, jika dipegang juga akan terasa lebih padat, sehingga pastikan batu akik yang ingin Kamu beli memiliki berat yang masuk akal / tidak mencurigakan.

3. Rasakan suhu batu akik

Secara alami batu akik yang asli akan memiliki suhu yang lebih dingin dengan kaca/sintetis. Cara mengetesnya dapat dengan menempelkan pada bagian kulit yang sensitif dibagian tubuh seperti pipi, leher, dan lipatan siku lengan, pastikan batu terasa dingin.

4. Tes batu akik dengan memanaskan / membakar

Jika membakar pada batu akik palsu maka hasilnya akan muncul gosong dan meninggalkan bekas yang susah terhapus pada batu akik palsu tersebut. Adapun pada batu akik yang asli apabila dibakar akan terlihat tampak basah seperti berminyak, dan setelah itu tidak lama kemudian akan hilang seketika. Dan setelah dipanaskan batu asli biasanya cepat dingin sedangkan yang palsu panasnya n lebih lama

5. Membenturkan batu akik

2 batu akik asli apabila dibenturkan satu sama lainnya maka seringnya akan muncul percikan api, untuk melakukan pengetesan maka dapat dilakukan di tempat yang gelap, sehingga dapat lebih mudah  untuk melihat percikan api.

6. Perhatikan serat pada batu akik

Batu akik asli yang merupakan termasuk dari batu alam, maka secara umum memiliki serat alami, adapun untuk baru sentitis berupa batu akik palsu yang terbuat dari kaca yang terlihat bening, walaupun pada batu sentitis terdapat serat tetapi akan nampak tidak alami, seperti misalnya terdapat semacam gelembung yang muncul kemungkinan ketika proses pembuatannya terdapat udara yang terperangkap didalamnya, sehingga nampak gelembung pada batu akik.

Nah, itu beberapa cara membedakan batu akik asli dan palsu, Kamu perlu teliti sebelum membelinya. Dibawah ini beberapa tips lainnya dalam membeli batu akik.

  • Disarankan untuk mengajak orang yang mengetahui seluk-beluk mengenai batu akik
  • Hindari terburu-buru dalam membeli batu akik, apalagi untuk yang harganya mahal hingga jutaan.
  • Seperti dipaparkan sebelumnya, disarankan untuk menyiapkan alat senter, dan cek keadaan fisik dari batu akik yang ingin dibeli.
  • Bekali diri akan pengetahuan mengenai permata sebelum memutuskan membeli batu akik.
  • Perhatikan fisik baru akik, seperti pada potongan nya, warna, kejernihan, dan juga sertifikat nya untuk keamanan dalam membeli.
  • Kamu dapat menggunakan berbagai alat yang dapat mengetes keaslian permata (termasuk batu akik) dengan sangat akurat, alat-alat tersebut banyak dijual dipasaran.

Semoga bermanfaat

loading...