Kelebihan dan Kekurangan Mac OS X

Mac OS atau singkatan dari Macintosh Operating System merupakan serial dari sistem operasi yang berbasis grafik, dibuat dan terus dikembangkan oleh Apple Inc. untuk komputer dengan sistem Machintosh, dan tidak kompatibel dengan basis IBM. Sistem operasi ini awalnya diperkenalkan tahun 1984, adapun nama Mac OS sendiri baru digunakan pada tahun 1996.

Mac OS menjadi populer dan memiliki pengguna setia karena kelebihannya yang mendesain konsep grafik yang terlihat elegan. Mac OS juga menjadi sistem operasi yang pertama kali menggunakan konsep Graphical User Interface (GUI). Para pendiri dan pengembang dari OS ini yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS menjadi salah satu raksasa sistem operasi yang sangat populer hingga saat ini. Mac OS X saat ini menjadi versi terbaru dari Mac OS. Dan karakter “X” ini seperti diketahui banyak orang merupakan nomor Romawi yang artinya sepuluh.

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS X
Kelebihan dan Kekurangan Mac OS X

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS X

Sehingga sistem operasi versi ini menjadi penerus dari Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS X mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.

Kelebihan Mac OS X

  1. Terdapat fitur Time Machine yang berguna untuk melakukan backup pada sistem, serta perubahan data yang terjadi secara otomatis
  2. Pengguna dapat mencari data harddisk, jaringan LAN dan Internet dengan mudah, yaitu dengan hanya memasukan kata kunci.
  3. Memiliki sistem keamanan yang sangat baik, dimana sulit untuk diserang program jahat virus, malware, dan spyware.
  4. Tampilan Mac OS X terlihat lebih glossy dan elegan, sehingga sistem operasi sangat cocok untuk dunia desain dan multimedia.
  5. Kemampuan shutdown yang cepat, dimana hanya memerlukan waktu selama 4 detik saja.
  6. Dapat mengetahui tentang file yang diperuntukan untuk windows.
  7. Kemampuannya yang lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  8. Dapat melakukan multitasking, yaitu menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu.
  9. Dokumen yang Kamu buat di sistem operasi Mac, dapat dibuka pada OS yang lainnya, demikian juga sebaliknya, sehingga Kamu tidak akan kesulitan ketika menghadapi format seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, .DOC, .XLS dan lainnya.
  10. Open source code pada Mac OS ternyata sulit untuk dibajak pihak.
  11. Kemampuan melakukan backup system yang sedang berjalan secara otomatis, dan perubahan-perubahan yang terjadi pada data.
  12. Kekebalan dari serangan virus, spyware, dan program jahat lainnya yang sangat baik, sehingga karena alasan inilah Mac OS cukup populer dengan digunakan jutaan orang di seluruh dunia, karena sangat ampuh untuk menghindari serangan virus.
  13. Mac OS mudah digunakan dan juga mudah dipelajari. Kemudian juga mempunyai jaminan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS X

  1. Harganya lumayan mahal, hal itu karena satu dengan produk dari Apple sendiri, yang dikenal membanderol produknya dengan harga tinggi.
  2. Tidak cocok digunakan untuk aplikasi games dan server, tetapi hanya cocok untuk graphic designer.
  3. Mac OS tidak bisa dipakai bersama dengan sistem pengoperasian lainnya.
  4. Tidak dapat dirakit sendiri, hal itu karena Apple membuat kebijakan untuk tidak memberikan lisensi untuk perusahaan lain membuat hardware yang support Mac OS.
  5. Variasi software di Mac OS tidak terlalu lengkap.

Tips Untuk Optimalkan Mac OS

Mac OS X merupakan gabungan secara aestetik dan minimalis membuat para pengguna bisa memakainya berjam-jam. Walaupun sudah teroptimalkan, kadang-kadang Mac dapat bekerja menjadi lambat karena beberapa hal. Berikut di bawah ini tips untuk mengoptimalkan performa OS X:.

  • Desktop Bersih, dimana membiarkan folder-folder di desktop, maka dapat menambah beban komputer ketika ingin menampilkan tampilan layar, yang artinya ini akan memperlambat kinerja komputer. Kamu. Untuk itu disarankan membuatl sebuah folder bernama “Archive”, lalu simpan semua data dan folder ke folder Archive itu.
  • Buang Aplikasi Sampah, jika terdapat aplikasi yang tidak pernah dipakai dalam waktu yang lama, misalnya dalam 2 bulan terakhir. Maka jika memang tidak diperlukan lebih baik lakukan uninstall aplikasi tersebut dengan menggunakan program App Cleaner, sehingga Mac OS dapat berjalan dengan lebih cepat.
  • Faktor utama dalam startup yang lambat karena banyaknya startup di komputer. Untuk itu cek startup item, caranya pergi ke System Preferences->Accounts->Login Items,laluhapus dari yang tidak diinginkan dijalankan ketika startup. 
  • Pilih Satu Bahasa, dimana pada aplikasi OS X sering disertai beberapa bahasa, ketika proses instalasi. Maka jika Kamu tidak menggunakan bahasa Jerman, Jepang dan bahasa luar lainnya. Maka Gunakan saja Monolingual untuk membuang data bahasa yang ukurannya lumayan besar.
  • Saya tidak mengaktifkan Dashboard karena setiap widgets yang dipasang nantinya mengambil resource memory komputer. Sehingga direkomendasikan batasi penggunaan widget atau matikan Dashboard apabila emang sedang tidak diperlukan, hal ini akan mempercepat Mac OS Kamu. Caranya mematikan dashboard, jalankan aplikasi Terminal (Cari dengan Spotlight), lalu masukkan kode: "defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean YES && killall Dock". Untuk menyalakan Dashboard kembali, maka dapat dengan memasukkan kode: "defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean NO && killall Dock". Untuk mendapatkan efek maka perlu melakukan restart Dock.
  • Kamu sebenarnya tidak perlu aplikasi untuk monitor RAM, Memory dan yang sebagainya, dimana Kamu hanya cukup menggunakan Activity Monitor, maka sudah dapat melakukan monitor pada semua proses yang beberapanya disebutnya sebelumnya.
  • Bersihkan Harddisk, dari data-data yang tidak dibutuhkan untuk menghapusnya atau mungkin dapat disimpan di external harddisk. Sehingga ini akan memberi "nafas" bagi ruang untuk komputer untuk bekerja dengan lebih cepat.

loading...