Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 7

Diantara kita tentunya sudah ada yang menggunakan sistem operasi yang terbaru keluarkan perusahaan Microsoft, seperti salah satunya Windows 7 yang baru diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya perusahaan Microsoft dinilai gagal dalam peluncuran Windows Vista, dan tampaknya kegagalan ini dijadikan bahan pelajaran serta agar dapat lebih sukses dari sistem operasi yang saat ini juga masih menjadi primadona yaitu Windows XP.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 7
Sistem operasi Windows 7


Kelebihan Sistem Operasi Windows 7

Perusahaan Microsoft menyatakan bahwa sistem operasi Windows dirancang agar user friendly, sesuai selera pengguna, simpel / tidak rumit, cepat dan nyaman. Berikut ini kelebihan Windows 7, yang juga dinyatakan oleh pihak Microsoft.

Personalisasi Komputer dengan mudah

Kamu tidak akan merasakan kesulitan berarti ketika ingin mengatur komputer lebih personal. Kamu hanya perlu klik kanan di desktop, lalu klik personalize untuk memilih tema yang berbagai macam tersedia, Kamu dapat putar belakang desktop dalam bentuk slide show yang diinginkan. Dan klik Gadgets untuk menambahkan informasi tertentu pada desktop milikmu.

Melihat desktop secara preview

Nah, untuk melihat tampilan desktop biasanya pengguna akan menutup jendela aplikasi dengan satu per satu, hingga akhirnya dapat melihat desktop. Windows 7 mempunyai teknologi canggih Aero Peek yang berguna gar Kamu dapat mengintip desktop tanpa perlu menyentuh jendela aplikasi (menutupnya). Kamu hanya perlu menaruh kursor di atas icon yang berbentuk kotak bujur sangkar di bagian kanan bawah. Klik pada bagian atas yang nantinya dapat memperkecil tampilan seluruh jendela yang terbuka. Dan saat layar desktop terbuka maka klik kembali untuk menampilkannya lagi.

Dapat menemukan File atau data secara cepat

Mencari dan menemukan file cukup mudah dilakukan dan waktunya juga cepat. Kamu hanya perlu mengklik menu Start, kemudian pada kotak pencarian ketik file atau data yang ingin Kamu cari. Dan setelah itu akan muncul daftar file yang Kamu cari, prosesnya sangat cepat.

Dapat melihat seluruh Jendela program secara mudah

Nah, tentu saat menggunakan komputer, kamu akan pernah membuka banyak jendela aplikasi, sehingga hal itu menyebabkan kita bingung nama ataupun isinya. Nah, pada Windows 7 nantinya Kamu dapat dengan mudah melakukannya hanya dengan mengintip dari taskbar. Untuk melakukannya maka Kamu dapat melayang-layangkan kursor di atas ikon pada suatu jendela program. Kemudian akan muncul nama ikon dan program itu. Lalu laying-layangkan lagi di atas preview yang nantinya Kamu dapat melihat pada keseluruhan layar. Kamu dapat Klik untuk menghubungkannya pada jendela yang dilihat.

Kemudahan penggunaan dan mencari yang diinginkan dengan cepat

Pada windows 7 terdapat fitur Jump List yang berguna ketika Kamu ingin mencari file, entah itu jenisnya file gambar, audio, video, dokumen dan yang lainnya. Kamu dapat mencarinya secara mudah dan cepat pada desktop, sehingga ini akan menghemat waktu Kamu untuk membuka file yang kemarin Kamu operasikan. Fasilitas seperti ini terdapat pada menu Start dan taskbar. Pengguna hanya perlu melakukan sekali klik saja, maka Kamu sudah dapat mengakses aplikasi atau file tang diinginkan. Selain itu pengguna juga dapat menarik ataupun membuang sebuah file dari daftar Jump List.

Kamu dapat mengakses taskbar dengan satu klik saja. Caranya dengan melayangkan kursor yang ada di atas program favorit, lalu tarik ke taskbar. Klik kanan diatasnya kemudian pilih “pin” di Taskbar. Dengan begitu program masuk pin yang telah Kamu atur. Adapun cara membukanya dengan melakukan klik di ikon Taskbar lalu baru program.

Menggunakan Internet secara aman, cepat dan mudah

Internet Explorer 8 memiliki keunggulan dengan lebih aman, cepat, dan mudah. Kamu dapat melacak jejak informasi secara lebih khusus. Hasil pencarian dilengkapi teknologi SmartScreen, yang merupakan teknologi canggih untuk melindungi dirimu dari bahaya spam, virus dan lainnya. Kemudian kemampuan untuk menjaga privasi di dunia maya tersebut sangat baik.

Kekurangan Sistem Operasi Windows 7

  • Masih cukup banyak juga aplikasi yang belum men-support pada sistem operasi  Windows 7.
  • Masih terdapat bug pada program Windows Player 12.
  • Terdapat hardware yang dapat langsung dikenali di OS sebelumnya, akan tetapi tidak dikenali di Windows 7.
  • Software yang dapat digunakan di Vista, tetapi tidak dapat digunakan pada Windows 7.
  • Terlalu banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate.

Semoga bermanfaat.

loading...