Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux awal berdirinya dikembangkan oleh seseorang yang bernama Linux Torvarld, OS Linux ini bersifat open source, yang artinya itu bahwa sistem operasi ini  terbuka lisensinya untuk dapat dikembangkan oleh siapa saja.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Sehingga dengan begitu terdapat berbagai produk hasil pengembangan dari sistem operasi Linux seperti Suse, Debian, Ubuntu, Red Hat dan banyak lainnya. Yang membuat sistem operasi Linux ini menjadi sangat mendapatkan sambutan dari para pengguna komputer, karena Linux diberikan secara gratis untuk dapat digunakan, serta sistem operasi ini dikenal memiliki keamanan yang sangat baik dari serangan virus.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux   

Linux yang OS berlogo penguin ini tidak berlebihan dikatakan jika sudah populer seperti halnya OS Windows. Sistem operasi Linux ini memiliki kelebihan maupun kekurangan, berikut penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan / keunggulan sistem operasi Linux

  1. Linux adalah program yang berlisensi gratis dan open source, sehingga sangat terbuka dan bebas untuk dapat digunakan, dan bahkan juga dikembangkan lagi sesuai dengan keinginan secara bebas.
  2. Sistem operasi Linux yang versi terbaru sudah didesain agar dapat lebih mudah untuk digunakan. Sehingga orang yang masih awam dapat menggunakannya secara mudah, hal ini berbeda dengan waktu yang lampau, ketika pengguna sistem operasi Linux ini sering diidentikan  sebagai seorang hacker.
  3. Sistem operasi Linux sangat baik dalam hal keamanan, dimana Linux yang sebuah OS bersifat multiuser, sehingga hal itu membuat program virus yang menyerang user tertentu, maka akan kesulitan untuk dapat menyebar ke user yang lainnya.
  4. Hal yang sangat menggembirakan adalah bahwa program aplikasi untuk OS windows, ternyata sebagian besarnya dapat dijalankan di sistem operasi Linux, hal itu karena  banyak dari kalangan komunitas sistem operasi Linux yang mengembangkan berbagai software agar dapat kompatibel dengan OS Linux, dan juga dapat memakai program emulator.
  5. Sistem operasi Linux ini hanya membutuhkan resource yang sangat kecil dibandingkan dengan OS Windows, sehingga untuk pengguna komputer yang mempunyai spesifikasi minimum dapat menggunakan Linux ini.
  6. Linux memiliki kemampuan agar dapat berjalan di dua mode.
  7. Linux kinerja dan performanya lebih stabil, sehingga sangat jarang ditemui kejadian crash atau hang ketika menggunakannya, sehingga lebih baik dibandingkan Windows dalam masalah performa ini.
  8. Linux ternyata walaupun kepopulerannya dapat dikatakan masih di bawah Windows, akan tetapi memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia, sehingga ini akan mendukung untuk para penggunanya dalam menghadapi berbagai masalah sistem operasi.
  9. Linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi yang lainnya.
  10. Terdapat fasilitas SWAP atau virtual memori yang berguna untuk dapat menjalankan berbagai program perangkat lunak yang berat atau ukurannya besar.

Kekurangan / kelemahan Linux:

  1. Ketika seorang sudah setiap hari waktu-waktunya terbiasa untuk menggunakan OS Windows, maka akan sedikit mengalami kekagetan ketika menggunakan Linux karena akan menemui navigasi dan penggunaan yang berbeda.
  2. Masih sangat sedikit support hardware dari vendor-vendor.
  3. Untuk melakukan instalasi Linux maka akan lebih merepotkan lagi dibandingkan dengan proses Instalasi windows.
  4. Terdapat tidak sedikit Program perangkat lunak di Linux yang ternyata belum dapat seampuh dibanding perangkat lunak windows.
  5. Untuk  administrator sistem maka perlu mempelajari penggunaan fitur-fiturnya karena tentunya perlu membiasakan diri dengan Unix-like,.
  6. Struktur direktori dan juga hak akses cukup membingungkan untuk para pengguna yang terbiasa sebelumnya menggunakan windows. Sehingga sistem operasi Linux memang cukup sulit untuk dapat dengan cepat dikuasai, terutama bagi yang belum memiliki kemampuan komputer sama sekali maka akan lebih merepotkan lagi.
  7. Untuk program perangkat khusus untuk OS Linux ini masih sangat sedikit.
  8. Tampilan sistem operasi Linux dinilai kurang menarik
  9. Tidak mendapatkan dukungan yang banyak dari hardware-hardware tertentu

Demikian penjelasan dari kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux. Semoga bermanfaat.

loading...