Cara Setting Proxy Wifi di Android

Cara setting proxy Wifi di Android -- Untuk Kamu pengguna Android yang memang belum tahu caranya untuk melakukan setting proxy untuk wifi di Android, maka ada beberapa metode yang dapat Kamu lakukan yang akan dijelaskan pada halaman ini, seperti Kamu dapat dengan mudah untuk melakukan setting wifi Android 

Pada sebuah cerita fakta, dimana ada seseorang yang bersama temannya berada pada sebuah kantor Telkom, dimana tempat tersebut adalah tempat temannya itu bekerja. Dan juga Kebetulan mereka berdua bekerja pada bidang yang sama, hanya berbeda tempat kerjanya saja atau perusahaannya. Disana dia berusaha untuk dapat melakukan koneksi ponsel Android akan tetapi ternyata tidak dapat tersambung ke internet di tempat tersebut, hal tersebut disebabkan karena proxy yang belum dimasukan.

Cara Setting Proxy Wifi di Android
Cara Setting Proxy Wifi di Android

Dengan begitu tampaknya menjadi hal yang cukup perlu agar kita mengetahui cara melakukan setting pada proxy Wifi Android. Karena wifi yang memakai proxy menyebabkan wifi tersebut tidak dapat kita pakai untuk melakukan surfing di internet, walaupun sebenarnya status wifi sudah dalam connected atau terkoneksi.

Cara Setting Proxy Wifi di Android

Di bawah ini tutorial sederhana yang paling mudah dalam setting proxy Android, berikut di bawah ini langkah-langkahnya.
  1. Pergi ke menu Settings.
  2. Pilih Wireless and networks.
  3. Pilih WiFi settings.
  4. Disana tekan tombol Menu di ponsel, lalu Kamu akan melihat menu Scan dan Advanced.
  5. Pilih menu Advanced.
  6. Kamu akan melihat menu Proxy dan Port. Masukan proxy dan port-nya tersebut sesuai dengan Kamu perlukan.
  7. Selesai.

Nah, mudah sekali ternyata langkah-langkahnya, dimana dapat dilakukan dengan cepat. Walau sebenarnya pada OS bawaan Android terdapat fasilitas untuk melakukan setting proxy ini, akan tetapi terkadang bisa juga walaupun sudah diisi data-data proxy sesuai dengan aturan, tetapi icon save tidak bisa untuk di-klik, dengan begitu proxy masih belum digunakan atau diaktifkan.

Untuk mengatasi problem seperti ini maka kita dapat menggunakan berbagai program yang dapat membantu dalam masalah setting proxy ini, yang dengannya akan tersedia fasilitas untuk melakukan akses dan memodifikasi pada konfigurasi server proxy di Android milik Kamu, program-program seperti ini nantinya akan saya sebutkan beberapanya yang dapat Kamu gunakan secara gratis tentunya, dan kemudian Kamu akan dapat menggunakan tool untuk memeriksa dan memecahkan berbagai masalah konfigurasi proxy server.

Cara setting proxy ponsel dengan browser Mozilla Firefox

Sebelumnya, akan dijelaskan tutorial setting proxy pada ponsel, sebagai percobaan menggunakan jenis Sony Ericsson Typo, dan memakai web browser Mozilla Firefox, dibawah ini langkah-langkahnya.
  1. Buka Play store, ketik firefox
  2. Lalu Instal web browser Mozilla Firefox Play Store, pilih install dan accept.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  4. Jalankan aplikasi Mozilla tersebut.
  5. Kunjungi halaman https://guardianproject.info
  6. Itu adalah alamat web untuk download add on Proxy mobile, dengan begitu Kamu dapat dengan lebih mudah untuk setting proxy android anda.
  7. Pada situs tersebut, pilih menu ProxyMob: Firefox Mobile Add-on.
  8. Setelah itu muncul jendela kecil diatas, disana klik tombol allow, hingga akhirnya add on tersebut terpasang pada browser.
  9. Keluarkan program firefox tersebut, lalu matikan jaringan data internet.
  10. Kemudian aktifkan atau hidupkan fitur wireless atau wifi.
  11. Lakukan connect atau sambungkan pada wireless atau wifi yang ada proxy-nya, caranya pergi ke menu setting, lalu pilih wireless & Network, lalu pilih Mobile Network (terletak di paling bawah), lalu centang pada pilihan data enable.
  12. Kemudian pergi ke mobile network, lalu pilih wifi setting, aktifkan wifi dengan cara klik pada wifi icon (langkah-langkah tersebut tergantung dari jenis ponsel yang Kamu gunakan).
  13. Setelah itu koneksikan dengan wifi yang mempunyai proxy.
  14. Kemudian jalankan browser mozilla,  klik menu pada keypad. Lalu pilih more-add ons.
  15. Pilih pada proxy mobile 0.0.10.
  16. Lalu setting proxy (http proxy host untuk alamat proxy, dan http Proxy port untuk port proxy).
  17. Isi sesuai dengan penyedia layanan wifi proxy-nya.
  18. Kemudian pergi ke halaman awal browser Mozilla, lalu ketik alamat website apa saja.
  19. Setelah itu umumnya Kamu akan dimintai memasukan nama user dan password, jika sudah diisi maka Kamu telah berhasil mengikuti tutorial panjang ini.

Aplikasi Proxy Settings

Adapun aplikasi yang tersedia di Google Play Store juga dapat Kamu manfaatkan dalam mengatur Proxy, dimana Kamu akan mendapatkan kemudahan dalam akses dan memodifikasi konfigurasi server proxy di Android saat ingin terhubung ke WiFi. Dengan menggunakan aplikasi Proxy Settings yang khusus diperuntukan untuk pengguna Android maka Kamu mendapatkan kemudahan dalam melakukan setting proxy, jika ingin menggunakan aplikasi tersebut maka Download disini.

Aplikasi ProxyDroid

Aplikasi sejenis lainnya yaitu ProxyDroid, yang juga berlisensi gratis. ProxyDroid ini merupakan aplikasi yang berguna untuk mengatur proxy pada: http, socks4 dan socks5. Dalam menggunakannya Kamu cukup menekan tombol Menu, kemudian pilih "Recover" yang berfungsi untuk melakukan reset pada pengaturan proxy apabila terjadi sesuatu yang salah. Fitur lainnya dapat Bypass alamat IP secara kustom, fitur Proxy DNS, dan konfigurasi ke SSID Jaringan / Mobile WIFI ini (2G / 3G). Jika ingin menggunakan aplikasi ProxyDroid kunjungi disini.

Kamu dapat memilih salah satu dari cara-cara diatas, semoga bermanfaat.

loading...