Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 8

Sistem Operasi Windows 8 resmi dirilis perusahaan Microsoft pada tanggal 26 Oktober 2012 yang lalu. Kehadiran windows 8 disambut cukup hangat oleh para pecintanya. Windows 8 memiliki 3 versi yaitu windows 8, windows 8 pro, dan windows 8 RT.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 8
Sistem Operasi Windows 8


Selain memiliki beberapa kelebihan, OS Windows 8 juga memiliki kekurangan, pihak dari perusahaan microsoft mengklaim bahwa windows 8 lebih baik dari versi sebelumnya, dimana para pengguna akan merasakan pengalaman yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 8

Windows 8 juga dapat dioperasikan dengan menggunakan jari, dengan catatan menggunakan laptop, tablet, dan smartphone, yang telah support teknologi touchscreen. Berikut di bawah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi (OS) Windows 8.

Kelebihan/ Keunggulan Windows 8

  1. Tampilan Windows 8 lebih dinamis dibanding pendahulunya, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 ini dilengkapi dengan fitur notifikasi (pemberitahuan) dan informasi terbaru yang kamu inginkan. Seperti misalnya kotak masuk email, pemberitahuan facebook dan lainnya. Kemudian windows 8 juga terintegrasi dengan situs penyedia data miliknya yaitu Skydrive.
  2. Windows 8 memiliki tampilan yang dilihat segar dan enak dipandang. Desain menu tersusun dengan rapi, mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan pada awal layar.
  3. Untuk proses dapat dilakukan dengan sangat cepat, yang hanya memerlukan waktu 8 detik saja. OS windows 8 tidak lagi menggunakan flahing layar BIOS.
  4. Tingkat keamanan Windows 8 sangat kuat dan baik.
  5. Windows 8 dilengkapi dengan secure boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting maka Secure boot aka bekerja untuk melindungi PC dari serangan program berbahaya malware.
  6. Sistem pencarian data / file lebih universal. Untuk menggunakannya maka dengan mengetik nama data, dan kemudian langsung muncul pilihan-pilihan data terkait.
  7. Terdapat banyak pilihan di windows 8 serta dengan kemudahannya. Semua software yang dapat dijalankan di windows 7, maka umumnya akan  dapat juga dijalankan pada OS windows 8.
  8. Kecepatan RAM hanya sebesar 1 GB, dan processor Intel Atom sudah mencukupi untuk dapat menjalankan sistem operasi Windows 8.
  9. Windows 8 lebih dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh, seperti menggunakan perangkat Windows Phone.
  10. Support perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM.
  11. Di situs windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.
  12. Tersedia teknologi untuk transaksi keuangan digital.
  13. Tersedia browser Internet Explorer 10, yang sangat ramah digunakan di PC.
  14. OS Windows 8 diklaim lebih ringan dibandingkan dengan Windows 7 yang juga cukup bagus.
  15. Memiliki Task Manager yang lebih powerfull, dengan fitur yang lebih lengkap.
  16. Fitur lock screen ketika digunakan pada Windows 8, tidak mengakibatkan semua program menjadi tertutup, berbeda dengan fitur log off pada versi OS windows sebelumnya.
  17. Untuk berpindah aplikasi dapat dilakukan sangat mudah, dimana cukup dengan merapatkan mouse pada layar sebelah kiri, berbeda pad versi windows sebelumnya yang menggunakan metode ALT+TAB.
  18. Apabila kamu sudah menggunakan Windows 7, maka dapat menggunakan Windows 8 tanpa harus melakukan upgrade.

Kekurangan/ Kelemahan Windows 8

  1. Nggak ada tombol Start dan Close X, sehingga cukup membingungkan para pengguna yang biasanya menggunakan versi XP, Vista, atau 7.
  2. Apabila ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, maka cukup merepotkan, dimana harus mengarahkan panah mouse ke bagian atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, lalu masih harus melakukan drag, setelah itu program tertutup.
  3. Terlalu banyak aplikasi atau File yang tersembunyi.
  4. Apabila terdapat banyak aplikasi, maka Start Screen pada Windows 8 akan menjadi terlihat berantakan karena tidak dapat bisa mengganti Tiles pada Start Screen dengan bentuk Icons.
  5.  Konten Flash yang ada pada Windows 8 tidak berjalan pada Tablet, tujuannya mungkin pihak Microsoft ingin menjaga kerahasiaan source code dari pihak lain.

Demikian penjelasan kelebihan dan kekurangan windows 8, semoga bermanfaat.

loading...