Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8

Sebelum menggunakannya maka tentunya kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Widows Phone 8. Terdapar beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui sehingga nantinya dapat mempersiapkan diri ketika menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8
Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8

Sistem operasi Windows phone 8 ini menjadi sistem operasi yang sudah cukup populer, tetapi tentu ada beberapa hal yang mungkin saja tidak kita sukai, disamping juga memiliki beberapa spesial atau kelebihan yang kita sukai.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8

Langsung saja  berikut dibawah pemaparan dari kelebihan dan kelemahan / kekurangan dari Windows Phone 8.

Kelebihan Windows Phone 8

  1. Tampilan Windows Phone 8 memang tidak diragukan lagi didesain dengan tampilan modern dan terlihat keren. Beberapa layanan populer seperti Twitter, Facebook, Intagram dan lain-lain terlihat lebih menarik.
  2. Tampilan yang ada pada Start Screen daat dengan mudah untuk Kamu atur sesuai degnan selera atau keinginan. Walaupun memang Windows Phone ini tidak support untuk menggunakan wallpaper, akan tetapi masalah tersebut bisa tertutupi dengan tampian di Start Screen yang penuh dengan Live Tiles, sehingga membuat penggunaan bisa menjadi lebih nyaman.
  3. Pengguna dapat dengan cepat dan lebih simple caranya untuk mudah berpindah dari suatu aplikasi ke aplikasi yang juga sedang dijalankan. Sistem operasi ini suupport unutk melakukan multitasking.
  4. Sistem operasi ini sangat mendukung untuk pengguna yang cukup aktif berada di jejaring sosial, hal ini disebabkan dengan adanya program People yang berguna untuk menggabungkan semua aplikasi tersebut menjadi satu saja. Sehingga Kamu hanya dengan menjalankan aplikasi ini, maka berita atau notofikasi terbaru baik itu dari Twitter, facebook, LinkedIn dan lainnya (yang dapat Kamu atur) yang akan muncul, sehingga untuk mengetahuinya Kamu tidak perlu membuka dulu layanan media sosial tersebut. Semua itu telah didesain agar dapat dibuka pada satu tempat saja di Live Tile.
  5. Mendapatkan support dari processor multicore seperti diantaranya yaitu model dual core, quad core, atau bahkan yang lebih tinggi lagi. Dengan mendapatkan support dari  processor yang berkualitas tinggi tersebut maka membuat windows phone 8 dapat sejajar dengan sistem operasi Android yang terbaru sekalipun.
  6. Microsoft sebagai pengembang dari Windows 8 phone melakukan keterbukaan dimana pihak Microsoft menshare pada salah satu core miliknya, sehingga kebijakan ini menjadi sebuah poin plus bagi windows phone 8 ini, karena akan ada banyak pihak yang mengembangkan aplikasinya, baik itu device maupun pada sistem operasinya tersebut.
  7. Yang cukup menarik adalah bahwa sistem penyimpanan pada di OS windows phone 8 sekarang tidak hanya tergantung dengan fasilitas memori internal, akan tetapi support pada microSD, sehingga kapasitas penyimpanan menjadi lebih besar.
  8. Kelebihan lainnya yiatu sistem transfer data yang lumayan cepat.

Kekurangan Windows Phone 8

  1. Tidak adanya shortcut untuk notification center yang berguna agar dapat melakukan akses secara mudah. Hal itu disebabkan karena di windows Phone 8 semuanya itu dikumpulkan di Start Screen saja, adapun untuk megaksenya maka Kamu perlu melakukan meminimize aplikasi yang sedang dijalankan, atau juga dengan mengakses atau membuka Start Screen.
  2. Untuk pilihan aplikasinya maka Windows Phone 8 masih tergolong sedikit, hal itu karena sistem operasi ini memang masih baru, sehingga pilihan aplikasi yang tersedia masih sangat minim, yaitu di tempat resminya yiatu Windows Phone store. Tetapi hal ini tidak perlu terlalu dikhawatiran karena kedepannya akan berdatangan aplikasi yang support untuk Windows Phone 8, termasuk yang saat ini support untuk iPhone dan Android.
  3. Apabila dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya, maka Winows Phone 8 ini masih cukup sedikit dalam update fitur dan aplikasi pada Windows Phone 8.
  4. Berdasarkan perkataan dari seseorang yang bernama Yusak, dia mengatakan bahwa pada Windows 8 Nilai keunikan sebuah aplikasi menjadi hilang, sehingga ini menjadi nilai minus. Adapun untuk mengakalinya, masih yang kata Yusak, yaitu dengan pengembang yang melakukan kostumasi desain pada latar belakang, tata letak, dan teks.
  5. Kemudian ada juga yang menilai bahwa tampilan kotak-kotak ukuran terkecil yang ada di Windows Phone 8 terlalu besar. Apabila pengguna ingin menginstal banyak program aplikasi maka nantinya akan banyak dilihat kotak-kotak yang penuh berjejer ke kanan. Dengan begitu Kamu harus terus menggeser agar dapat mencari aplikasi yang hendak dibuka. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan mode tampilan desktop.
  6. Pengembang program aplikasi untuk windows Phone 8 masih kecewa dan meminta kepada pihak Microsoft agar memberikan pengarahan sehingga para pengguna mengambil aplikasi dari situs resminya yaitu Windows Store. Sehingga dengannya kegiatan pembajakan aplikasi di OS ini dapat diminimalisir mungkin.
  7.  Microsoft juga belum support unutk menjual aplikasi berbayar dengan menggunakan mata uang Rupiah, yang ini sebenarnya sangat pengting untuk pengguna dari Negara Indonesia.

Semoga bermanfaat.

loading...